Ap Tes Psikologi 1Batam (03/10) Pagi tadi (03/10) seluruh peserta Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) PAUDNI Berprestasi Tingkat Nasional mengikuti tes psikologi. Tes psikologi ini merupakan kali pertama diberlakukan sebagai salah satu tahapan penilaian dalam seleksi PTK PAUDNI berpretasi tingkat nasional.

Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUDNI, Nugaan Yulia Wardhani (02/10) menjelaskan bahwa tes psikologi ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran calon juara masing-masing jenis kategori lomba karya nyata atau karya tulis.

Tes psikologi dilaksanakan secara serempak di Hotel Harmoni One Batam selama satu jam yang dimulai tadi pagi jam 08.00 (03/10). Pelaksanaan tes psikologi dilakukan oleh Puspendik, Balitbangdikbud Kemdikbud.

Zaenal Mutaqin, pamong belajar SKB Kota Sukabumi Jawa Barat menyatakan bahwa merasa biasa-biasa saja dengan adanya kewajiban mengikuti tes psikologi ini. Pendapat serupa juga disampaikan oleh Risdiyanto, pendidik PAUD asal Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ap Tes Psikologi 2“Tes psikologi ada urgensinya dengan seleksi PTK PAUDNI Berprestasi karena bisa menjadi tolok ukur untuk menilai karakter PTK PAUDNI”, jelas Zaenal Mutaqin ketika ditanya urgensi tes psikologi di Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi.

Kasmudji, Kepala SKB Gudo Kabupaten Jombang Jawa Timur mengungkapkan bahwa tes psikologi bisa untuk menilai kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial PTK PAUDNI. “Namun demikian setiap orang punya sifat dan kepribadian yang unik, sehingga sifatnya relatif”, tambah Kasmudji.

Pada Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Tingkat Nasional tahun 2013 tes psikologi memiliki bobot sebesar 20% dari total bobot penilaian. Sebenarnya sebagian pihak keberatan dengan adanya tes psikologi ini, karena sifatnya relatif.