Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi: Lomba Tetap Dilakukan Tertutup

Lokasi Lomba Karya Nyata Apresiasi PTK PAUDNI 2013
Lokasi Lomba Karya Nyata Apresiasi PTK PAUDNI 2013

Batam (05/10) Sejak Jumat pagi (04/10) dimulai lomba karya nyata dan lomba karya tulis perorangan untuk limabelas cabang lomba Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi 2013. Sempat beredar rumor bahwa presentasi lomba akan dilaksanakan terbuka sebagaimana tahun sebelumnya, namun toh akhirnya tetap dilaksanakan secara tertutup.

Aturan penilaian Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi 2013 tahun 2013 yang sudah dirilis kepada seluruh daerah, ditentukan bahwa lomba perorangan dilaksanakan secara tertutup. Pelaksanaan presentasi secara tertutup menutup kemungkinan adanya saling tukar pengalaman antar peserta.

Di kalangan peserta, semangat lomba dan kompetisi lebih tinggi dibandingkan semangat berbagi. Terlebih sekarang hadiah juara pertama mencapai angka 20 juta rupiah. Maka kengototan untuk memenangi perlombaan akan lebih mengemuka dibanding berbagi pengalaman sesama peserta.

Peserta menunggu giliran masuk ruangan lomba.
Peserta menunggu giliran masuk ruangan lomba.

Peserta dengan nomor undian pertama sering dirugikan karena nomor undian belakang memiliki waktu untuk memperbaiki penampilan berdasar hasil tanya jawab antara peserta terdahulu dengan dewan yuri. Lebih dari itu, peserta yang maju belakangan bisa mempelajari karakter pertanyaan setiap yuri. Sehingga penampil berikutnya akan lebih siap.

Alasan tersebut yang dikemukakan oleh beberapa panitia pusat yang tidak bersedia disebut namanya, yang dijadikan dasar menentukan pelaksanaan lomba secara tertutup.

Di lain pihak, ada peserta yang tidak puas dengan pelaksanaan lomba tertutup ini. “Sekarang, ilmu pendidikan nonformal seperti ilmu rahasia. Sampai-sampai lomba dilaksanakan tertutup agar tidak bisa dicontek yang lain”, ungkap Ruswan Tanjung, pamong belajar BPKB Sumatra Barat.

7 tanggapan pada “Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi: Lomba Tetap Dilakukan Tertutup”

  1. Bung Fauzi, bisa diperjelas lomba mana saja yang tertutup.
    Hasil Pertemuan Pleno Dewan Juri PTK-Kursus menyatakan perlombaan dilakukan TERBUKA (meralat Juknis hal 14).
    Kami sendiri di Lomba Instruktur Kursus dilakukan terbuka, hanya ketika peserta sedang melakukan presentasi, disepakati tidak ada penonton yang keluar masuk ruangan. Yang sudah di dalam menahan diri hingga pergantian peserta baru diijinkan keluar, demikian pula untuk penonton yang akan masuk menunggu pintu dibuka.
    Di atas kompetisi perlombaan, kemenangan itu adalah BONUS untuk kerja keras persiapan yang sudah dilakukam, TETAPI PERSAUDARAAN SEBANGSA SETANAH AIR UNTUK SALING BERBAGI itu HADIAH TERBESAR BAGI KEMAJUAN PENDIDIKAN NON FORMAL PADA KHUSUSNYA DAN PENDIDIKAN SECARA UMUMNYA.
    Kompetisi sesungguhnya bukan antara provinsi dari Sabang sampai Merauke, tetapi sebagai bangsa yang besar INDONESIA RAYA siap bersaing dengan negara tetangga, negara luar yang sebentar lagi tahun 2015 akan menjadi tetangga LKP di sebelah kita.
    Siapkah kita bersaing untuk tetap menjadi PELAKU Atau terpuruk menjadi PENONTON di rumah sendiri? Bukan mennerima UPAH dari mewahnya merk luar negeri tetapi mendapat PENGHASILAN dari kekuatan lokal yang menjadi kebanggaan Nasional.
    Semoga….!!!

    1. Semua lomba di PTK Dikmas dan PTK PAUD dilaksanakan secara tertutup.
      Saya sepakat bahwa semua adalah juara, pemenang I sampai dengan V mendapat bonus saja.

  2. Bung Fauzi, sepertinya di PTK PAUD & PTK DIKMAS Dewan Jurinya dari Akademisi kah???
    Tetap kritis menyuarakan untuk perbaikan dengan informasi yang lebih akurat.
    Terima kasih.

    1. Ya sebagian besar akademisi. Untuk PTK Kursus memang terbuka, walau sayang peserta kurang optimal memanfaatkan. Justru melihat kelebihan peserta lain menjadi momen penting dalam apresiasi ini. Bukan sekedar mencari juara. Terima kasih masukannya pak.

  3. Salam PNF..
    Tidak smua lomba tertutup..Lomba Pengelola LKP terbuka kpd smua sesuai dgn keputusan Teknikal meeting. Kami salah seorang peserta lomba pengelola LKP dari Aceh mengucapkan Tahniah kpd para pemenang, smg kemenangan akan menambah motivasi untuk lebih maju lagi ke tingkat lebih tingi. Bagi kami kekalahan merupakan cambuk untuk memecut motivasi agar lebih gigih dalam menciptakan prestasi dengan usaha, do’a dan persiapan yg matang, 1 x lg Tahniah/ selamat kepada para pemenang.
    Terimakasih kpd Bung Fauzi yg telah mempublikasikan acara ini.

    1. Ya betul pak, sudah sy klarifikasi di atas. Hanya lomba di PTK Dikmas dan PTK PAUD yang tertutup. Terima kasih atas koreksinya.

Komentar ditutup.