Lokasi Lomba Karya Nyata Apresiasi PTK PAUDNI 2013

Lokasi Lomba Karya Nyata Apresiasi PTK PAUDNI 2013

Batam (05/10) Sejak Jumat pagi (04/10) dimulai lomba karya nyata dan lomba karya tulis perorangan untuk limabelas cabang lomba Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi 2013. Sempat beredar rumor bahwa presentasi lomba akan dilaksanakan terbuka sebagaimana tahun sebelumnya, namun toh akhirnya tetap dilaksanakan secara tertutup.

Aturan penilaian Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi 2013 tahun 2013 yang sudah dirilis kepada seluruh daerah, ditentukan bahwa lomba perorangan dilaksanakan secara tertutup. Pelaksanaan presentasi secara tertutup menutup kemungkinan adanya saling tukar pengalaman antar peserta.

Di kalangan peserta, semangat lomba dan kompetisi lebih tinggi dibandingkan semangat berbagi. Terlebih sekarang hadiah juara pertama mencapai angka 20 juta rupiah. Maka kengototan untuk memenangi perlombaan akan lebih mengemuka dibanding berbagi pengalaman sesama peserta.

Peserta menunggu giliran masuk ruangan lomba.

Peserta menunggu giliran masuk ruangan lomba.

Peserta dengan nomor undian pertama sering dirugikan karena nomor undian belakang memiliki waktu untuk memperbaiki penampilan berdasar hasil tanya jawab antara peserta terdahulu dengan dewan yuri. Lebih dari itu, peserta yang maju belakangan bisa mempelajari karakter pertanyaan setiap yuri. Sehingga penampil berikutnya akan lebih siap.

Alasan tersebut yang dikemukakan oleh beberapa panitia pusat yang tidak bersedia disebut namanya, yang dijadikan dasar menentukan pelaksanaan lomba secara tertutup.

Di lain pihak, ada peserta yang tidak puas dengan pelaksanaan lomba tertutup ini. “Sekarang, ilmu pendidikan nonformal seperti ilmu rahasia. Sampai-sampai lomba dilaksanakan tertutup agar tidak bisa dicontek yang lain”, ungkap Ruswan Tanjung, pamong belajar BPKB Sumatra Barat.