PAUD SKB JakselPada Apresiasi PTK PAUDNI Tahun 2012 jenis lomba untuk pendidik PAUD termasuk kategori lomba karya tulis. Tema karya tulis yang dilombakan adalah pendekatan pembelajaran kecerdasanjamak untuk anak usia dini. Lomba bagi pendidik PAUD ini merupakan bagian dari Apresiasi PTK-PAUDNI Berprestasiyang dilaksanakan melalui berbagai lomba perorangan yaitu lomba karya nyata, karya tulis, olahraga dan seni. Adapun pendidik PAUD yang bisa mengikuti lomba ini adalah guru PAUD (sebutan lainnya yang sejenis) pada TPA/KB/SPS (Taman Penitipan Anak/Kelompok Bermain/ Satuan Paud Sejenis).

Pemilihan pendidik PAUD berprestasi ini dilakukan secara berjenjang dari kabupaten/kota, provinsi hingga nasional. Hadiah untuk juara I nasional adalah sebesar Rp. 20 juta, juara II Rp. 15,5 juta, juara III Rp. 10 juta, juara harapan I Rp. 8 juta dan juara harapan II Rp. 7 juta. Besaran penghargaan ini naik cukup signifikan dari pada tahun lalu. Hadiah pada tahun ini cukup menggambarkan keseimbangan dengan penghargaan yang diberikan pemerintah kepada pendidik berprestasi di jalur pendidikan formal.

Peserta apresiasi untuk tingkat nasional adalah juara I masing-masing provinsi. Sedangkan kegiatan pemilihan pendidik PAUD berprestasi di tingkat provinsi diselenggarakan pada bulan Mei sampai dengan Juni minggu kedua. Hasil pemilihan peserta berikut naskah lomba sudah diterima panitia pusat pada tanggal 25 Juni 2012. Sedangkan acara puncak apresiasi PTK PAUDNI tingkat nasional direncanakan pada tanggal 8-13 Juli 2012 di TMII Jakarta.

Penilaian lomba dilakukan setelah peserta lolos verifikasi administrasi yang dilakukan oleh panitia lomba berdasarkan persyaratan yang telah ditetapkan. Penilaian dilakukan dalam dua tahap penilaian oleh Tim Penilai.

Penilaian tahap I merupakan penilaian substansi atau isi dari naskah yang dilombakan meliputi aspek substansi/akademik/teknis:

  • Sistematika penulisan;
  • Kekhasan atau keunikan karya (potensi pendidikan daerah setempat)
  • Orisinalitas (keaslian suatu karya);
  • Inovasi (karya/pola baru);
  • Efektivitas (pencapaian tujuan, prestasi);
  • Efisiensi (ekonomis dari segi biaya);
  • Kebermanfaatan terhadap peningkatan mutu program PAUDNI dan masyarakat sekitar.

Adapun pengertian karya tulis dalam lomba/apresiasi PTK PAUDNI adalah hasil pemikiran/gagasan/ide PTK-PAUDNI baik individual maupun kelompok yang berisi tentang inovasi program/ kegiatan yang dapat dijadikan acuan, rujukan, pemecahan masalah, peningkatan mutu pembelajaran atau pengelolaan program PAUDNI yang memiliki nilai-nilai keunggulan tertentu (bukan merupakan hasil penelitian atau penelitian tindakan) dan layak untuk diterapkan pada bidang PAUDNI.

Tabel di samping ini adalah kisi-kisi penilaian tahap II (penilaian presentasi) untuk lomba karya tulis pendidik PAUD.

Penilaian tahap II merupakan penilaian terhadap kemampuan mempresentasikan, penguasaan materi, penggunaan sarana pemaparan, dan etika penampilan.

Penilaian tahap I memiliki bobot sebesar 40 dan penilaian tahap II berbobot sebesar 60.