tata busanaApresiasi Instruktur Kursus Tata Busana Berprestasi merupakan salah satu dari enam jenis lomba pembelajaran instruktur kursus pada Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Tahun 2012. Jenis lomba ini yang dinilai adalah bagaimana instruktur melakukan pembelajaran bukan lomba tata busana. Artinya cara mengajarnya yang dinilai bukan hasil karya penataan busananya yang dijadikan fokus penilaian.

Tema kategori lomba adalah suatu kegiatan pendidik atau instruktur kursus tata busana dalam mempersiapkan materi dan melaksanakan proses pembelajaran pembuatan busana nasional wanita dengan sentuhan daerah setempat.

Adapun pelaksanaan lomba adalah sebagai berikut:

  1. Peserta membuat busana nasional wanita dengan sentuhan daerah di tempat masingmasing dengan kondisi selesai 90%.
  2. Ukuran paspop: lingkar badan 84+4 cm, lingkar pinggang 68 cm, lingkar pinggul 90+4 cm
  3. Sebelum lomba dimulai paspop harus telah disiapkan dengan pakaian bagian bawah.
  4. Peserta melaksanakan praktik pembelajaran di hadapan tim penilai selama 30 menit dengan menyelesaikan busana tersebut di atas dan memakaikan pada paspop.

Komponen yang dilombakan mencakup:

  1. Kemampuan persiapan tertulis (RPP) pembuatan busana nasional wanita dengan sentuhan daerah setempat.
  2. Kemampuan praktik pembelajaran pembuatan busana nasional wanita dengan sentuhan daerah setempat
  3. Hasil pembuatan busana nasional wanita dengan sentuhan daerah setempat yang dipakaikan pada dummy (paspop setengah badan).

Peserta menyediakan sendiri perlengkapan pembuatan busana dan bahan-bahannya serta kain/rok untuk bagian bawah paspop. Sedangkan paspop disediakan oleh panitia.

Penilaian lomba ini meliputi penilaian substansi dan penilaian presentasi. Penilaian substansi (tahap I) adalah penilaian terhadap naskah rencana dan materi pembelajaran. Pada penilaian tahap ini memiliki bobot 40%. Penilaian presentasi (tahap II) dilakukan dengan menilai pemaparan dan penguasaan materi yang dilakukan oleh peserta di hadapan penilai, dengan menggunakan kriteria penilaian yang telah ditentukan. Bobot penilaian presentasi adalah 60% dengan rincian praktek pembelajaran 40% dan kualitas hasil karya 60%.