Lomba InstukturJika kita cermati pengertian setiap jenis lomba pembelajaran instruktur kursus pada Apresiasi PTK PAUDNI Tahun 2012, pasti ada rangkaian kata adalah suatu kegiatan pendidik atau instruktur kursus dalam mempersiapkan materi dan melaksanakan proses pembelajaran.Artinya apa? Apresiasi Instruktur Kursus merupakan lomba pembelajaran bukan sekedar lomba hasil karya.

Sebagai contoh, kita simak pengertian lomba instruktur kursus tata rias rambut berikut ini. Instruktur Tata Rias Rambut, dengan tema pembelajaran tata kecantikan rambut tentang Sanggul Daerah adalah suatu kegiatan pendidik atau instruktur kursus tata kecantikan rambut dalam mempersiapkan materi dan melaksanakan proses pembelajaran sanggul daerah. Jadi yang dinilai adalah, pertama bagaimana persiapan yang dilakukan instruktur kursus. Sesuai dengan petunjuk teknis penilaian, pada tahap ini dinilai dokumen rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

Penilaian dokumen persiapan pembelajaran meliputi:

  1. Merumuskan tujuan pembelajaran, tujuan pembelajaran dirumuskan secara spesifik dan sesuai dengan kondisi peserta didik serta waktu yang tersedia;
  2. Materi pembelajaran, materi pembelajaran dirancang dengan kuantitas yang memadai dan mendalam, untuk mencapai tujuan;
  3. Penggunaan metode, metode yang akan digunakan lebih dari dua jenis, sesuai dengan peserta didik dan materi yang disampaikan;
  4. Pemilihan media/alat bantu, media/alat bantu yang akan digunakan lebih dari dua jenis, dan sesuai dengan materi yang disampaikan untuk mencapai tujuan;
  5. Pemilihan sumber, sumber pembelajaran yang dicantumkan lebih dari 3 macam (buku, jurnal, artikel, internet), dan mutakhir;
  6. Penilaian, penilaian dirancang untuk mengukur ketercapaian tujuan, berupa tes dan non tes dan dilakukan dengan prosedur yang benar.

Penilaian dokumen persiapan pembelajaran ini memiliki bobot 40 dari total 100. Sedangkan penilaian presentasi memiliki bobot 60, dimana 40% untuk praktek pembelajaran dan 60% kualitas hasil karya. Jadi kalau ditinjau dari total prosentase penilaian (persiapan dan presentasi) kualitas karya memiliki bobot 36. Artinya kualitas karya menjadi penting tetapi tidak merupakan hal utama dalam lomba pembelajaran kursus. Karena sudah pada galibnya, pendidik yang mengajar ketrampilan harus memiliki karya yang berkualitas. Namun dia juga harus mampu mempersiapkan dan menyajikan pembelajaran.

Penilaian kedua sebagaimana telah disebutkan di atas, adalah penilaian presentasi yang terdiri dari praktek mengajar dan kualitas karya. Indikator penilaian praktek mengajar meliputi:

  1. Pengelolaan kelas, setting kelas dilakukan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Pola interaksi dan komunikasi dilakukan secara efektif. Waktu digunakan secara tepat dan efisien.
  2. Penggunaan metode, metode yang digunakan sesuai dengan peserta didik, materi dan tujuan pembelajaran, minimal menggunakan dua jenis metode, dan tersedia metode alternatif.
  3. Langkah-langkah pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran berupa : pembukaan dan pernyataan tujuan pembelajaran, penyampaian materi, dan penutupan pembelajaran dilaksanakan secara sistematik sesuai dengan perencanaan pembelajaran.
  4. Penggunaan media/alat bantu, media/alat bantu diatur dan digunakan sesuai materi yang disampaiakan, paling tidak dua jenis, dan tersedia media/alat bantu lain sebagai alternatif;
  5. Penilaian, penilaian yang dilakukan dapat mengukur ketercapaian tujuan, berupa tes dan nontes serta dilakukan dengan prosedur yang benar.
  6. Penampilan dan sikap, penampilan: cara berpakaian, cara berdiri/duduk, berjalan saat melakukan presentasi. Sikap: cara menyapa, cara berbicara, cara merespon.

Sedangkan indikator untuk penilaian kualitas karya berbeda pada setiap jenis instruktur kursus.