Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Tingkat Nasional Tahun 2016

Pembukaan Apresiasi 2016Palu (23/05/2016) Sore tadi Gubernur Sulawesi Tengah, Drs. H. Longki Djanggola, M.Si., membuka secara resmi Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) PAUD dan Dikmas Tingkat Nasional Tahun 2016 di halaman Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Palu.

“Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas untuk menghargai para GTK yang berprestasi di tingkat provinsi. GTK PAUD dan Dikmas harus berada di ujung tombak pembelajaran dan pengelolaan pendidikan nonformal. Tujuan utama bukan untuk mencari pemenang tapi untuk merekatkan NKRI”, jelas Sumarna Surapranata, Ph.D, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, pada sambutan upacara pembukaan.

Untuk mendapatkan penghargaan tingkat nasional, para guru dan tenaga kependidikan PAUD dan Dikmas akan dinilai melalui tahapan penilaian naskah, tes tertulis (tes psikologi) dan presentasi. Terdapat 16 jenis GTK PAUD dan Dikmas yang akan beradu inovasi karya nyata untuk mendapatkan penghargaan yang terbaik. Keenambelas jenis GTK tersebut yaitu, Guru KB/TPA/SPS, Pengelola KB/TPA/SPS, Instruktur Komputer, Instruktur Tata Rias Rambut, Instruktur Tata Rias Pengantin, Instruktur Tata Busana, Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), Pamong Belajar pada Sanggar Kegiatan Belajar, Penilik, Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM),Tutor Paket A, Tutor Paket B, Tutor Paket C, dan Kepala Sanggar Kegiatan Belajar.

“Para juara akan diundang ke Jakarta pada Simposium Guru pada bulan November 2016 yang juga akan dihadiri Presiden Republik Indonesia,” tambah Sumarna Surapranata.

Pada sambutannya, Gubernur Sulawesi Tengah, Drs. H. Longki Djanggola, M.Si., menyatakan bahwa tema kegiatan apresiasi tahun ini yaitu mulia karena karya sangat tepat dan relevan serta strategis dalam upaya meningkatkan kualitas PAUD dan Dikmas termasuk peningkatan kualitas sumber daya manusia. “Hal ini sejalan dengan nawacita pemerintah saat ini dimana pendidikan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi salah satu perhatian pemerintah,” tambah Longki Djanggola.

Menutup sambutannya Gubernur Sulawesi Tengah berpesan agar kegiatan apresiasi ini juga dapat digunakan sebagai wadah bagi GTK PAUD dan Dikmas untuk selalu berinovasi, berpikir cerdas, berkarakter, profesional dan bertanggung jawab.

Kegiatan pembukaan didahului dengan defile kontingen 33 provinsi peserta melalui podium kehormatan. Masih ada satu kontingen, yaitu Maluku Utara yang masih dalam perjalanan karena kendala delay penerbangan.

Pada  pagi harinya diselenggarakan tes tertulis, berupa tes psikologi yang dilaksanakan pada empat hotel di kota Palu yang menjadi lokasi kegiatan Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Tingkat Nasional Tahun 2016. [fauziep]