Aplikasi Rapor Paket A, Paket B dan Paket C

Yogyakarta (04/02/2017) Atas budi baik Kurtubi Zaenuddin, tutor PKBM 26 DKI Jakarta dan juga Litbang Himpunan Penggiat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Nonformal, aplikasi laporan hasil belajar Program Paket A, Paket B, dan Paket C dapat dibagikan.

Selama ini laporan hasil belajar pendidikan kesetaraan tidak mengacu pada Standar Isi Pendidikan Kesetaraan, tidak jarang yang mencontoh format laporan hasil belajar (rapor) sekolah. Padahal pada tahun 2010 Direktorat Pendidikan Kesetaraan Depdiknas sudah memberikan contoh rapor Paket A, Paket B dan Paket C. Laporan hasil belajar atau rapor tersebut mengacu pada struktur kurikulum sebagai diatur dalam Permendiknas Nomor 14 Tahun 2007 tentang Standar Isi untuk Program A, Program Paket B, dan Program Paket C.

Kurikulum itulah yang masih berlaku bagi pendidikan kesetaraan saat ini. Walaupun sudah ada kurikulum 2013 yang disempurnakan yang berlaku juga untuk pendidikan kesetaraan (Permendikbud nomor 20 Tahun 2013 dan Permendikbud nomor 21 Tahun 20130, namun karena belum ditetapkan struktur kurikulumnya maka kurikulum 2013 belum dapat diimplementasikan pada pendidikan kesetaraan.

Paling tidak aplikasi rapor ini masih bisa dipergunakan dalam waktu dekat ini, sambil menunggu implementasi K13 pada pendidikan kesetaraan. Pada saatnya Himpunan Penggiat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Nonformal (HPTIKPNF) akan membantu membuatkan aplikasi rapor jika kurikulum 2013 sudah diimplementasikan pada pendidikan kesetaraan.

Untuk mengunduh dapat klik tautan berikut ini:

  1. Aplikasi Rapor Paket A
  2. Aplikasi Rapor Paket B
  3. Aplikasi Rapor Paket C Mahir 1
  4. Aplikasi Rapor Paket C Mahir 2

Aplikasi rapor Paket C dibedakan dua karena pada Paket C Mahir 1 belum penjurusan, dan Paket C Mahir 2 sudah ada penjurusan. Semoga bermanfaat. [fep]

2 tanggapan pada “Aplikasi Rapor Paket A, Paket B dan Paket C”

Komentar ditutup.