Antusiasme Pramuka Penegak dan Pandega pada SWBB Pangkalan BP PAUD dan Dikmas DIY

Yogyakarta (10/08/2018) Sebanyak 25 orang Pramuka Penegak dan Pandega di wilayah Kwarcab Bantul dan sekitarnya mengikuti Bimbingan Teknis Calon Anggota Saka Widya Budaya Bakti pangkalan BP PAUD dan Dikmas DIY selama dua hari 7 dan 8 Agustus 2018.

“Pramuka Saka Widya Budaya Bakti harus bisa menjadi perekat bangsa dan pelaksana Pancasila yang utama,” demikian pesan Drs. Bambang Irianto, M.Pd., Kepala Balai BP PAUD dan Dikmas DIY pada saat membuka kegiatan bimtek (07/08/2018).

Kegiatan yang dilaksanakan di auditorium lantai 2 BP PAUD dan Dikmas DIY bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, sikap dan keterampilan bidang Saka Widya Budaya Bakti dalam rangka persiapan pendirian Satuan Karya Widya Budaya Bakti Kwarcab Bantul. Peserta diberikan bekal tentang Krida yang ada di Saka Widya Budaya Bakti, khususnya Krida PAUD, Krida Dikmas dengan fokus literasi, Krida Bina Nilai Budaya dan Krida Bina Cagar Budaya. Nampak peserta sangat antusias mengikuti kegiatan, hal ini dibuktikan dengan aktivitas kegiatan kelompok.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyiapkan pendirian Saka Widya Budaya Bakti di pangkalan BP PAUD dan Dikmas DIY. Peserta bimtek diharapkan dapat menjadi embrio Dewan Saka yang akan dibentuk untuk menggerakkan kegiatan satuan karya,” kata Fauzi Eko Pranyono selaku Pamong Saka Widya Budaya Bakti pangkalan BP PAUD dan Dikmas DIY. Ditambahkan oleh Fauzi bahwa satuan karya sesuai dengan hasil konsultasi akan berkedudukan di Kwartir Cabang Bantul namun dapat menampung Pramuka Penegak Pandega sekitar termasuk dari beberapa gugusdepan yang berkedudukan di sekitar BP PAUD dan Dikmas DIY.Pada akhir kegiatan peserta melakukan musyawarah untuk memilih embiro pengurus Dewan Saka yaitu Ketua Farida Yuliana, Sekretataris Khoirul Aisyiah, dan Bendahara Ade Alfiani Rosida untuk Dewan Saka Putri. Sedangkan untuk pengurus Dewan Saka Widya Bidaya Bakti Putra terpilih Ketua Setiawan Bayu Aji, Sekretataris Yogi Subroto, dan Bendahara Mustafa. [fauziep]

Tinggalkan Balasan