bintang-toedjoeYogyakarta (12/12) Kata-kata ”apa aq harus bilang woowww sambil koprol gitu?” sangat populer dan menjadi sering digunakan oleh kaum muda sampai orang dewasa. Bahkan dalam berbagai acara dialog di stasiun televisi idiom tersebut sering muncul ketika mengomentari sesuatu. Kata-kata tersebut dipopulerkan oleh iklan sebuah provider jaringan telepon selular. Bahkan anak-anak juga sering mengucapkan kalimat itu.

Artinya tayangan iklan televisi di samping sebagai sebuah media untuk mengenalkan dan mempromosikan produk, juga mampu mengedukasi masyarakat. Maka ketika tayangan iklan menggunakan kata-kata yang kurang pantas bisa berdampak negatif bagi kehidupan sosial masyarakat.

Akhir-akhir ini kita sering melihat tayangan iklan Bintang Toedjoe Masuk Angin Versi Bob Sadino di stasiun televesi. Tayangan iklan tersebut telah dinyatakan lolos sensor oleh Lembaga Sensor Film pada tanggal 6 Desember 2012 dengan nomor 6118/DVD/R/TV/12.2013/2012. Walaupun sudah lolos sensor, namun ada penggunaan kata yang menurut hemat saya kurang pas, yaitu Angin Minggat!!.

Kata minggat dalam bahasa Jawa memiliki konotasi negatif, yaitu pergi tanpa pamit dan tidak disuruh pergi. Padahal dalam kasus masuk angin, kita mengharapkan penyakitnya pergi. Jadi diharapkan pergi. Artinya penggunaan kata minggat tidak pas. Justru akan kontraproduktif dalam mengedukasi masyarakat. Bisa jadi anak-anak akan sangat mudah menirukan kata minggat yang diucapkan oleh orang sekaliber Bob Sadino.

Atau boleh jadi orang bejo memang kurang pintar dalam memilih kata??