Demo BBM 015Yogyakarta (15/06) Sabtu siang (15/06) Aliansi PMII UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menggelar demo BBM di pertigaan UIN Jalan Laksda Adisucipto Yogyakarta sehingga menyebabkan kemacetan luar biasa. Lalu lintas Yogyakarta yang sudah padat menjadi semakin macet dengan adanya demo ini. Kemacetan pun mengular sampai depan Ambarukmo Plaza.

Pertigaan UIN ini memang menjadi tempat favorit pendemo melakukan orasi dengan menguasai penuh pertigaan jalan sehingga mau tidak mau lalu lintas pun menjadi tersendat dan macet luar biasa.

Demo BBM 002Di tengah kemacetan, dari arah timur sebuah mobil ambulan dengan susah payah menyeruak kemacetan. Sambil sirine meraung-raung ambulan mencoba mencari celah jalan. Di dalam mobil terlihat berbaring seseorang dengan botol infus yang terantuk-antuk karena goyangan kendaraan. Beberapa orang yang duduk di samping pasien berharap-harap cemas agar ambulan mendapatkan celah jalan dan segera sampai ke rumah sakit rujukan.

Melihat mobil ambulan susah mendapatkan celah jalan, secara spontan pengendara lain membunyikan klakson bersahut-sahutan. Seakan-akan berteriak “Hei beri jalan dong, ini ada orang sakit… darurat harus segera sampai rumah sakit. Coba emak-bapak kamu yang di dalam ambulan, bagaimana perasaan kamu!?!”

Klakson motor dan mobil semakin keras dan bersahut-sahutan terus. Tapi jalan sudah terlanjur dikuasai oleh mahasiswa pendemo. Polisi lalu lintas tidak bisa berbuat banyak. Karena di seputaran lokasi demo, lalu lintas semrawut.

Demo BBM 006Pelan tapi pasti, ambulan dapat keluar dari kemacetan walaupun dengan susah payah. Perasaan cemas sudah pasti menggelayut di benak keluarga yang duduk di samping pasien, karena sedari tadi sesekali melongokkan kepalanya ke depan. Untuk memastikan kendaraan tetap bisa menyeruak.