UNPP 1Ketentuan Ujian Nasional Program Paket (UNPP) tahun 2011 silam telah menyisakan berbagai persoalan, terutama terkait adanya persyaratan nilai rata-rata laporan hasil belajar (NRLHB). NRLHB digabung dengan nilai UNPP menjadi nilai akhir (NA). Berbagai persoalan tentang NRLHB belum tuntas, ada kemungkinan tahun 2012 ini program paket diwajibkan menyelenggarakan ujian akhir satuan pendidikan kesetaraan, sebagaimana ujian akhir sekolah pada jalur pendidikan formal.

Dari sumber yang dipercaya diperoleh informasi bahwa ketentuan lulus ujian akhir satuan pendidikan kesetaraan sebagai salah satu kriteria kelulusan peserta didik satuan pendidikan kesetaraan. Ketentuan ini mengadopsi aturan yang berlaku dalam pendidikan formal. Permendikbud Nomor 59 Tahun 2011 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik Dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah dan Ujian Nasional, sebagaimana tercantum dalam pasal 2. Berdasarkan pasal tersebut peserta didik satuan pendidikan formal salah satu persyaratan lulus adalah setelah lulus ujian sekolah/madrasah. Oleh karena itulah satuan pendidikan menyelenggarakan ujian akhir sekolah/madrasah. Pola ini juga akan diaplikasikan pada satuan pendidikan kesetaraan.

Sementara itu, sudah pada galibnya bahwa evaluasi akhir satuan pendidikan dilakukan bagi setiap peserta didik yang telah menyelesaikan program pada satuan pendidikan. Evaluasi dilakukan oleh satuan pendidikan dalam bentuk ujian akhir dan oleh pemerintah dalam bentuk ujian nasional.

Selama ini penyelenggara program paket belum atau jarang yang menyelenggarakan ujian akhir. Evaluasi akhir untuk menentukan kelulusan peserta didik program paket selama in dilakukan cukup melalui ujian nasional program paket. Padahal ujian nasional program paket baru memenuhi ketentuan evaluasi oleh pemerintah. Sedangkan evaluasi oleh satuan pendidikan dalam menentukan kelulusan peserta didik program paket belum diakomodasi.

Kemudian pada tahun 2011 diterapkan ketentuan memasukkan NRLHB semester ke dalam komponen nilai akhir. Namun hal ini belum memasukkan nilai ujian akhir oleh satuan pendidikan. Walaupun ketentuan NRLHB masih menyisakan persoalan karena satuan pendidikan kesetaraan belum siap menyajikan NRLHB. Ketidaksiapan menyajikan NRLHB karena pengadministrasian rapor pada program pendidikan kesetaraan sebagian masih belum tertib.

Ketika ketentuan ujian akhir hendak dimasukkan dalam kriteria persyaratan kelulusan ujian nasional program paket tahun 2012 bisa menimbulkan persoalan. Karena waktu yang sudah sangat dekat dengan pelaksanaan UNPP yang direncanakan pada akhir Mei atau Juni 2012. Waktu yang tertinggal tidak cukup untuk melakukan sosialisasi dan persiapan bagi penyelenggara program paket untuk menyelenggarakan ujian akhir program paket (UAPP).

Memang ujian akhir oleh satuan pendidikan secara normatif harus dilaksanakan, namun mengingat kesiapan satuan pendidikan pendidikan kesetaraan belum siap maka perlu diberi waktu yang cukup. Selama ini, sampai tahun 2010, satuan pendidikan kesetaraan hanya mengandalkan hasil ujian nasional program paket sebagai kriteria kelulusan peserta didik. Sehingga ujian akhir tidak dilaksanakan. Jika dipaksakan dilaksanakan sebelum pelaksanaan UNPP tahun ini, maka akan menumpuk persoalan baru.

Lebih daripada itu, sebaiknya penerbitan peraturan menteri tentang UNPP dan POS UNPP diterbitkan jauh hari sebelum pelaksanaan UNPP. Tidak seperti tahun 2011 diterbitkan hanya dalam hitungan hari sebelum dilaksanakan UNPP.