bantuan-orsosmasPada tahun 2012 ini pemerintah memberikan bantuan kepada organisasi mitra tingkat pusat @ Rp 150 juta sebanyak 4 paket, organisasi sosial kemasyaratan @ Rp. 100 juta sebanyak 25 paket, @Rp. 75 juta sebanyak 70 paket, dan Rp. 50 juta sebanyak 88 paket. Sasaran diklat adalah pendidik dan tenaga kependidikan (PTK PAUDNi) yang masih aktif dalam melaksanakan tugasnya pada satuan PAUDNI, yang meliputi guru PAUD (TK, KB, TPA/SPS), Instruktur Kursus dan Pelatihan, Tutor Keaksaraan, Pamong Belajar, TLD/FDI, Penilik, dan Pengelola satuan PAUDNI.

Maksud pemberian bantuan ini adalah dalam rangka perluasan akses kerjasama dan pemberdayaan peran serta masyarakat untuk peningkatan mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PTK PAUDNI). Hal ini perlu dilakukan karena orsosmas memiliki peran penting dalam perluasan akses peningkatan mutu PTK PAUDNI di masyarakat. Sementara itu tidak semua orsosmas mampu membiayai sendiri kegiatan yang dilaksanakan. Demikian diuraikan dalam petunjuk teknis atau pedoman pembantuan dan pembinaan PTK PAUDNI melalui pemberdayaan orsosmas.

Bantuan ini disalurkan oleh Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUDNI Ditjen PAUDNI Kemendikbud. Skema bantuan ini di luar skema bantuan untuk (1) asosiasi/forum PTK PAUDNI tingkat pusat, (2) pemberian bantuan diklat teknis peningkatan profesional berkelanjutan bagi Penilik dan Pamong Belajar melalui IPI dan IPABI provinsi, (3) bantuan penyelenggaraan diklat PAUD tingkat dasar, (4) diklat tingkat dasar bagi pendidik kursus dan pelatihan bekerjasama dengan asosiasi dan organisasi kemitraan kursus, dan (5) bantuan penyelenggaraan Musyawarah Kerja Instruktur Kursus dan Pelatihan (MKIKP) bagi organisasi mitra asosiasi profesi kursus.

Jadi banyak sekali skema bantuan yang bisa diakses oleh organisasi/asosiasi profesi PTK PAUDNI dalam rangka peningkatan mutu kompetensi. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk lebih banyak melibatkan dan memberikan bantuan langsung kepada masyarakat dalam meningkatkan kompetensi PTK PAUDNI.

Empat paket Khusus organisasi mitra tingkat pusat pada skema bantuan ini (@ Rp. 150 juta) hanya bisa diakses oleh organisasi mitra pusat adalah empat orsosmas tingkat pusat yang menyelenggarakan program pembinaan PTK PAUDNI, yaitu Pengurus Pusat (PP)Aisyiah, Penggerak PKK, Muslimat NU, dan KOWANI.

Untuk paket bantuan lainnya dapat diakses oleh organisasi sosial masyarakat (Orsosmas). Adapun yang dimaksud orsosmas dalam pedoman adalah suatu lembaga atau organisasi sosial yang dikelola oleh sekelompok orang dan bergerak di bidang pendidikan dan pelatihan, serta telah berbadan hukum baik dalam bentuk yayasan atau asosiasi/forum.Jadi dalam hal ini dapat diakses oleh asosiasi atau forum seperti IPABI, IPI, HIMPAUDI, FKPKBM, FK Tutor KF, HISPPI, HIPKI, FTBM, FPTI PNF, IGKTI dan lain sebagainya baik tingkat nasional maupun daerah. Atau organisasi sosial kemasyarakatan lainnya yang bergerak di bidang pendidikan dan lainnya seperti yayasan atau orsosmas lainnya.

Batas waktu pengajuan proposal pada bulan Maret sampai dengan Oktober 2012. Namun demikian jika ingin mengakses secepatnya dapat mengirimkan proposal ke Direktur PPTK PAUDNI up Subdit Program dan Evaluasi Dit PPTK Ditjen PAUDNI Kemdikbud. Adapun rincian lebih detail tentang petunjuk teknis pengajuan bantuan dapat diunduh disini. Atau klik langsung tautan ini JUKNIS PEMBANTUAN PEMBINAAN PTK PAUD NI MELALUI PEMBERDAYAAN ORSOSMAS.