blogger434Yogyakarta (27/10) Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Mohammad Nuh tanpa basa-basi mendeklarasikan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional. Momentumnya dibuat seiring Pesta Blogger 2007. Hal itu dicetuskannya saat memberikan sambutan dalam Pesta Blogger 2007 (PB 2007), sebuah acara gathering blogger nasional yang diadakan di Blitz Megaplex, Jakarta.

Secara global, blog adalah singkatan dari web log, yakni bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Media bloggerpertama kali diperkenalkan oleh blogger.com yang dimiliki oleh PyraLab,  yang kemudian diakuisisi Google pada tahun 2002. Sejak itu, banyak aplikasi-aplikasi yang bersifat terbuka, yang membantu para blogger mengembangkan blog yang dimiliki.

Blog menjadi semakin populer di Indonesia, ketika banyak orang yang kemudian menjadi terkenal hanya karena hobi menulis blog. Ambil contoh Raditya Dika. Karena menulis blog, Raditya Dika menjadi pemenang Indonesian Blog Award dan The Online Inspiring Awards 2009 oleh Indosat. Dari penghargaan tersebut, ia memberanikan diri mencetak isi blog-nya dan buku pertama terbit dengan judul Kambing Jantan. Buku ini merupakan catatan hariannya yang selama ini ditulis di blog kemudian dibukukan dan mendapat penjualan terbaik dalam skala nasional. Cerita dalam buku itu juga kemudian diangkat ke dalam film dengan judul yang sama dan dibintangi sendiri oleh Raditya Dika.

Saat ini banyak berkembang komunitas blogger. Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang dibentuk oleh para blogger berdasarkan kesamaan kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaanhobby, kesamaan sekolah, dan sebagainya. Sekarang ada lebih sekita 30 juta blog yang bisa ditemukan diinternet, dan masih bisa berkembang lagi karena saat ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lainnya yang mempermudah para blogger ( sebutan pemilik blog ) untuk merawat blognya.

Blog fauziep.com hadir sejak tahun 2009 yang diawali dengan ngeblog di fauziep.blogdetik.com dan pada awal tahun 2013 ini migrasi ke fauziep.com. Blog fauziep.com dengan tagline Pencerahan Pendidikan Nonformal, hadir di tengah-tengah sedikitnya informasi seputar masalah pendidikan nonformal dan informal. Sesuai dengan tagline-nya, diharapkan bisa menjadi pencarahan bagi praktisi pendidikan nonformal.